Just Share About Tutorial Blogger, Life Style, Tips Dan Trick, SEO, Health, Manfaat, Biografi and More Again

Apa Perbedaan Novel Dengan Cerpen?

Perbedaan Novel dengan Cerpen

Bismillahirrahmanirrahim.
Pasti lah tidak asing lagi di telinga kita apa itu novel dan cerpen (cerita pendek). sebuah karya sastra yang dapat memotivasi kita setelah membacanya, dan merupakan karya yang dapat membawa penulisnya menjadi orang terkenal jika karyanya di terima publik dengan baik (ya..i..yalah).

Perbedaan mendasar antara novel dan cerpen


Banyak diantara kita yang sudah tahu apa itu cerpen dan apa itu novel, bahkan sudah membaca kedua karya sastra itu yang tidak mengetahui perbedaan di antara keduanya. Sebetulnya banyak perbedaan yang mendasar antara novel dan cerpen. Cerpen atau singkatan dari Cerita Pendek, dimana jelas cerita di dalamnya otomatis lebih pendek dan sederhana, sedangkan novel alur ceritanya yang sangat kompleks otomatis lebih banyak dan panjang.

Melihat dari segi konflik yang terjadi di dalam cerpen dan novel. Konflik pada cerpen tidak mengharuskan merubah nasib tokoh nya, dan konflik yang ada di cerpen cenderung lebih sedikit, biasanya cuma satu konflik. Sedangkan novel, mengharuskan merubah nasib tokohnya, dan konflik yang terjadi lebih banyak.

Tokoh dalam novel juga lebih banyak jika di bandingkan dengan tokoh pada cerpen yang cenderung lebih sedikit. Sehingga cerita pada novel jelas akan lebih panjang karena tokoh yang banyak jelas memiliki banyak karakter yang perlu di ceritakan dalam sebuah novel. Dan dari segi setting cerita, setting waktu cerpen cenderung lebih sebentar sedangkan novel lebih lama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Perbedaan Novel Dengan Cerpen?