Just Share About Tutorial Blogger, Life Style, Tips Dan Trick, SEO, Health, Manfaat, Biografi and More Again

Cara Mengobati Sariawan, Mudah Dan Ampuh

Tubuh kita sangatlah rentan terhadap segala penyakit jika kita tidak terbiasa melakukan pola hidup sehat, mulai dari makanan yang setiap harinya masuk ke dalam perut, gaya hidup atau kebiasaan sehari-harinya dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita terhadap segala penyakit. Apakah itu penyakit biasa, sedang, maupun penyakit kronis. Penyakit bisa datang dari organ tubuh mana saja yang tidak dirawat secara optimal, misalnya saja mulut.
cara mengobati sariawan, mudah dan ampuh

Tentu sangat menyebalkan jika kita sedang di landa penyakit mulut yang satu ini, aktifitas dan nafsu makan kita akan terganggu. Itulah Sariawan, atau yang biasa disebut stomatitis dalam bahasa kedokteran. Penyakit yang menyerang daerah mulut dan lidah ini terjadi karena adanya peradangan atau semacam infeksi karena beberapa sebab seperti di bawah ini :

Penyebab Terjadinya Sariawan

1. Tidak/jarang membersihkan mulut dengan menggosok gigi.
2. Kegigit sa'at makan, entah itu lidah maupun daerah sekitarnya.
3. Kurangnya nutrisi yang ada di tubuh kita, seperti vitamin C, Vitamin B12 dll.
4. Memakan olahan yang terlalu asam maupun pedas.
5. Tidak cocok dengan pasta gigi tertentu.
6. dan lain-lain.

Kebanyakan orang mengalami sariawan karena penyebab di atas, apalagi jika sesorang sedang terbaring sakit, maka penyakit yang satu ini sering ikut menambahi derita yang di alaminya. Kenapa demikian? karena seseorang yang sedang terbaring sakit biasanya malas menggosok gigi karena terasa tidak nyaman untuk beraktifitas. (pengalaman pribadi :D)

Lantas bagaimana cara mengobati penyakit yang satu ini? Caranya yaitu baca dan terapkan tips berikut ini :

Tips Mengobati Sariawan Dengan Mudah

1.  Air kelapa
     Minum air kelapa, usahakan jika ada air kelapa muda, selain untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan.

2.  Air garam
     Ambil air bersih jika perlu air yang hangat dan campur dengan garam secukupnya, kemudian aduk hingga garam mencair, dan gunakan air garam ini untuk berkumur, lakukan 2-3 x sehari.

3.  Madu
     Ini salah satu yang paling ampuh, caranya oleskan madu ke titik luka, minum 1-2 sendok makan madu tiap hari, selain untuk obat sariawan, madu juga memiliki banyak manfaat.

4.  Tomat
     Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin C dan sangat bagus untuk mengobati sariawan, caranya makan tomat buah atau juga bisa dibuat jus.

5.  Minyak Kelapa
     Minyak kelapa ini ternyata memiliki kandungan anti-bakteri dan sangat pas untuk mengobati sariawan karena penyebab utamanya adalah bakteri. caranya, oleskan minyak kelapa ke titik luka, bisa juga di campur dengan sedikit madu.

6.  Daun Sirih
     Salah satu dari banyaknya manfaat yang di miliki daun sirih yaitu untuk mengobati sariawan, caranya: rebus beberapa daun sirih kemudian tambahkan sedikit garam, dan pakai buat berkumur setelah sikat gigi.

7.  Yoghurt
     Yoghurt bisa menyeimbangkan bakteri mulut dan tubuh anda, untuk menyembuhkan sariawan menggunakan yoghurt caranya, oleskan yoghurt pada titik luka dan meminum yoghurt juga dapat mencegah timbulnya sariawan.

Selain dari bahan-bahan alami di atas, anda juga perlu tetap mengosumsi vitamin C, B12 agar dapat terjaga dari sariawan untuk yang berikutnya. Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga juga kita tetap terjaga/terhindari dari berbagai penyakit, khususnya penyakit yang satu ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sariawan, Mudah Dan Ampuh